Categories
Uncategorized

Perbedaan Genset Open dengan Genset Silent

Ketika Anda membicarakan soal genset open, pasti orang-orang juga akan membicarakan soal genset silent. Mengapa? Sebab, kedua genset ini merupakan genset yang umumnya ditemukan di pasaran. Meskipun sama, nyatanya kedua genset tersebut memiliki perbedaan. Apa saja yang membedakan kedua genset tersebut? Simak ulasan berikut ini!

Perbedaan Genset Open dan Genset Silent

Genset Open

Genset open biasanya disebut dengan genset yang bertipe terbuka karena genset ini tidak dilengkapi dengan box atau rumah genset.Selain itu, genset ini juga memiliki harga jual yang murah dan ramah kantong. Lebih dari itu, genset ini biasanya digunakan oleh orang-orang yang memiliki power house sendiri dan sudah dirancang khusus untuk penempatannya di dalam gedung atau ruangan yang kedap suara.

Kelebihan dari genset ini adalah perawatannya sangat mudah untuk dilakukan karena genset ini terbuka sehingga proses bongkar pasangnya tidak akan sulit. Genset ini juga telah dilengkapi langsung oleh panel controller yang mudah untuk dipahami serta tangki solat yang mudah dipasang beserta knalpot yang telah terpasang langsung di bagian mesin.

Genset Silent

Genset silent pasti diproduksi lengkap dengan memiliki rumah atau box sehingga tidak akan menghasilkan suara yang begitu carinya. Selain itu, hadirnya box atau canopy sangat berguna untuk melindungi engine genset dari panas dan hujan. Biasanya, canopy yang digunakan di genset silent adalah canopy yang terbuat dari bahan plat besi yang sudah dilapisi oleh busa peredam. Lapisan tersebut dinilai mampu meredam suara dengan sangat baik sehingga pemilik rumah tidak akan kebingisingan dengan suara genset ketika digunakan.

Umumnya, canopy pada genset silent didesain dan diproduksi khusu dengan menggunakan konstruksi knock down yang sudah dilengkapi pintu sehingga akan mempermudah akses untuk masuk ke dalam genset supaya pengoperasian dan perawatannya mudah dilakukan. Pintu canopy dari genset ini sudah dilengkapi oleh handle dan kunci sehingga akan tetap aman.

Terlepas dari keputusan Anda memilih menggunakan genset open atau genset silent, hal yang sangat perlu menjadi perhatian adalah kedua genset tidak bisa diletakkan pada ruangan tertutup yang tidak memiliki sirkulasi udara. Sebab, tanpa adanya sirkulasi udara, genset akan mati karena habisnya oksigen dalam ruangan.

Terlepas menggunakan genset open atau silent, hal yang harus diperhatikan adalah genset sama sekali tidak dapat ditempatkan di ruangan tertutup tanpa sirkulasi udara. Ruangan yang tertutup tanpa sirkulasi udara sama sekali membuat genset mati karena habisnya oksigen dalam ruangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *